Harus Kamu Hindari!, 5 Kebiasaan yang Menjadi Faktor Penyakit Diabetes

Harus Kamu Hindari!, 5 Kebiasaan yang Menjadi Faktor Penyakit Diabetes

Selama ini sebagian orang mengira derita diabetes dikarenakan berlebihnya mengonsumsi gula.

Sebenarnya tidak hanya gula saja yang dapat menyebabkan penyakit diabetes ini, Maka dari itu saya akan memberi 5 Kebiasaan yang menyebabkan penyakit diabetes.




1. Kurang tidur

 Jika kualitas tidur tidak didapat, metabolisme jadi terganggu.

Hasil riset para ahli dari University of Chicago mengungkapkan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis.

Artinya, risiko diabetes meningkat. Kurang tidur juga dapat merangsang sejenis hormon dalam darah yang memicu nafsu makan. Didorong rasa lapar, penderita gangguan tidur terpicu menyantap makanan berkalori tinggi yang membuat kadar gula darah naik.

2. Sering stres

Penyebab diabetes melitus berikutnya adalah stres. Stres sama seperti banjir, harus dialirkan agar tidak terjadi banjir besar. Saat stres datang, tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol supaya gula darah naik dan ada cadangan energi untuk beraktivitas. Tubuh kita memang dirancang sedemikian rupa untuk maksud yang baik. Namun, kalau gula darah terus dipicu tinggi karena stres berkepanjangan tanpa jalan keluar, sama saja dengan bunuh diri pelan-pelan.

3. Kecanduan rokok

Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa risiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen. Disebutkan pula bahwa naiknya penyebab penyakit diabetes melitus tidak cuma disebabkan oleh rokok, tetapi kombinasi berbagai gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan dan olahraga.


4. Suka ngemil

Kita mengira dengan membatasi makan siang atau malam bisa menghindarkan diri dari obesitas dan penyebab penyakit diabetes melitus. Karena belum kenyang, perut diisi dengan sepotong atau dua potong camilan seperti biskuit dan keripik kentang. Padahal, biskuit, keripik kentang, dan kue-kue manis lainnya mengandung hidrat arang tinggi tanpa kandungan serta pangan yang memadai. Semua makanan itu digolongkan dalam makanan dengan glikemik indeks tinggi. Sementara itu, gula dan tepung yang terkandung di dalamnya mempunyai peranan dalam menaikkan kadar gula dalam darah, yang berujung pada penyakit diabetes melitus.

5. Menghabiskan banyak waktu sendirian

Hal ini dapat memicu datangnya penyakit diabetes karena kamu kurang bersosialisasi sehingga cenderung mengasingkan diri sendiri dan hal ini juga bisa disebut dengan depresi, Depresi sendiri adalah salah satu faktor penyakit diabetes.



Comments

Popular posts from this blog

Sandiaga Uno Mengatakan Bahwa Prabowo Kini Sudah Berubah, Lebih Terbuka, Asyik dan Cair

3 Penyebab Munculnya Ketombe dan Cara Mengatasinya