Coba deh!, 5 Tips untuk Mengatasi Jerawat Pada Cuaca Panas

Coba deh!, 5 Tips untuk Mengatasi Jerawat Pada Cuaca Panas

Kulit yang terpapar matahari langsung harus dilindungi agar tidak bermasalah, apalagi masalah jerawat. Ada banyak penyebabnya dan akan memicu munculnya jerawat. Tetapi jangan khawatir, saya akan berikan 5 cara untuk mencegah jerawat saat cuaca panas.



Saat cuaca panas, produk skincare yang diaplikasikan ke wajah juga harus disesuaikan. Dokter ahli penyakit kulit lainnya Shereene Idriss menyarankan untuk menukar pelembap berat dengan lotion dan serum yang lebih ringan.

“Produk yang ringan baik digunakan untuk musim panas, kecuali SPF,” ujar Idriss.
Selain itu, pelembap dengan kandungan antikomedo dan asam hialuronat juga disarankan agar kulit terhidrasi dengan baik. Hindari, pelembab dengan kandungan klorin dan air asin karena dapat memperburuk jerawat.

2. Membersihkan wajah

Setelah berkegiatan di bawah terik panas matahari, sebaiknya segera bersihkan kulit dengan mandi atau sekadar mencuci muka. Pilihlah produk yang tepat untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori untuk memastikan tak ada minyak yang tersisa.

3. Tangan yang bersih


Udara panas menyebabkan keringat mengucur lebih deras sehingga membuat folikel rambut di wajah ikut tersumbat.
Penyumbatan itu membuat sebum atau minyak menumpuk. “Bakteri kemudian akan menumpuk dan menyebabkan jerawat,” kata dokter ahli penyakit kulit yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Howard Sobel, dikutip dari Teen Vogue.

Salah satu cara untuk mencegah agar bakteri itu tidak membuat kulit meradang adalah dengan meminimalisir kotoran yang masuk ke kulit. Sobel menyarankan untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan kotor atau berkeringat. Tangan yang kotor dapat memicu jerawat muncul lebih cepat dan lebih banyak. Sebaiknya gunakan tisu yang khusus untuk wajah sehingga dapat membersihkan kulit sekaligus mengangkat minyak.

4. Makanan

Hindari makanan yang dapat memicu jerawat saat cuaca panas. Adult Acne melaporkan makanan yang dapat menimbulkan jerawat di antaranya yang terbuat dari banyak gula seperti es krim dan soda.
Makanan dengan karbohidrat olahan seperti cokelat, roti, kue, dan gorengan juga dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Beberapa makanan laut seperti ikan yang berlemat dan rumput laut juga memicu jerawat.

Sebaiknya, konsumsi makanan yang dapat mencegah konstipasi. Makanan kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air sangat disarankan saat cuaca panas. Alih-alih makan gorengan, sebaiknya mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus saat cuaca panas.

5. Selalu gunakan sunscreen

Selalu gunakan sunscreen untuk mencegah sinar matahari pada siang hari, Karena sunscreen mengandung SPF yang dapat melindungi kulit dari panasnya cuaca.

Comments

Popular posts from this blog

Sandiaga Uno Mengatakan Bahwa Prabowo Kini Sudah Berubah, Lebih Terbuka, Asyik dan Cair

3 Penyebab Munculnya Ketombe dan Cara Mengatasinya

Harus Kamu Hindari!, 5 Kebiasaan yang Menjadi Faktor Penyakit Diabetes